Ingin Menikmati Akhir Pekan Hemat Pengeluaran? Begini Caranya... -->

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Ingin Menikmati Akhir Pekan Hemat Pengeluaran? Begini Caranya...

Thursday, December 3, 2015

WartaOnline - Hasrat di masa muda untuk bersenang-senang tentu ada batasan. Karena ketika usia terus beranjak menuju akhir rentang 20-an, tentu saja berbagai prioritas terkait kehidupan pribadi mulai sering dipikirkan oleh sesorang.

Dan salah satu prioritas tersebut adalah kematangan keuangan. Namun hal tersebut, bukan soal kematangan keuangan berupa gaji yang besar yang dicari seseorang, akan tetapi lebih kepada seberapa pintar untuk mengatur keuangan pribadi seseorang.

Jika esok adalah akhir pekan, tentu bukan berarti Anda akan absen untuk menikmatinya, karena harus berhemat demi tujuan kematangan keuangan. Dan inilah beberapa tips yang mungkin dapat menjadi ide alternatif untuk tetap menyemarakkan akhir pekan, namun tentunya dengan cara yang lebih cerdas pula.

1. Hitung ulang kebiasan pengeluaran Anda setiap akhir pekan

Jikalau selama ini Anda senang mengisi akhir pekan dengan menjajal berbagai restoran atau pun datang ke bar untuk bercengkerama bersama kawan dan sahabat. Tentu saja kini saatnya untuk mengurangi hal tersebut menjadi sebulan sekali saja, jika bisa di waktu tertentu saja, disaat kita mempunyai uang lebih.

Lalu carilah alternatif kegiatan yang tak kalah seru, untuk mengisi akhir pekan anda, semacam berwisata kuliner di pedagang jalanan, atau berolahraga, bahkan sekadar jalan-jalan sore di taman. Bila Anda tidak kuat sendirian, anda juga dapat pergi berkunjung ke rumah kerabat atau teman. Anda dapat pula mengajak teman berolahraga bersama atau hanya sekadar mengobrol santai di taman kota tersebut. Jadi intinya, bila Anda mau lebih jeli sedikit, alhasil Anda akan menemukan banyak kegiatan seru yang murah meriah serta dapat dijadikan ide untuk mengisi akhir pekan anda.

2. Mencatat semua kebiasan pengeluaran Anda, serta hapus hal-hal yang tidak terlalu penting dalam hidup anda
Melanjutkan dari poin sebelumnya, jadi ada baiknya jika Anda mulai membuat skala prioritas mengenai rencana pengeluaran Anda selama satu bulan mendatang. Dan utamakan terlebih dahulu hal-hal yang sangat penting sekali, sisihkan antara 25-30 persen untuk ditabung, sehingga tidak kurang dari 20% untuk dana bersenang-senang anda, termasuk untuk mengisi akhir pekan anda.

Bila Anda terbiasa menghabiskan akhir pekan dengan makan di restoran, serta datang ke bar sambil bercengkerama, lalu menonton film, atau bahkan shopping, maka dari itu cobalah untuk mulai menahannya sedikit. Sehingga makan di restoran atau pergi ke bar tersebut jika memang ada momen tertentu. Lalu pergi ke bioskop hanya untuk menonton film yang mendapat rating bagus, serta hanya fokus untuk belanja barang-barang yang memang dibutuhkan di kehidupan anda saja.

3. Simpan kartu kredit, dan utamakan membayar tunai


Disaat anda pergi ke luar di akhir pekan, lalu simpan sementara kartu kredit yang Anda punya dan utamakan membawa uang tunai saja. Sehingga pembayaran kartu lebih baik melalui debit saja, hal seperti itu juga sebaiknya tidak dibawa jika tidak dirasa akan sangat dibutuhkan sekali. Karena uang tunai dengan jumlah tertentu akan berubah menjadi semacam alarm pengingat ketika sikap boros Anda datang.

4. Hendaklah mencari hiburan yang gratis untuk akhir pekan

Sekarang zaman internet sudah canggih, maka dari itu gunakan internet tersebut untuk anda mencari informasi mengenai hiburan gratis apa saja yang akan dihelat selama akhir pekan ini. Memang umumnya hiburan gratis banyak digelar di arena wisata, serta taman kota, gedung kesenian, lembaga budaya negara, dan Museum. Lalu pilih hiburan gratis yang anda rasa menarik dan jika berkenan, maka ajak teman-teman Anda untuk turut serta sehingga akhir pekan Anda akan kian semarak saja, dan tentunya murah meriah pula.