Jumat, 25 Desember 2015

Kumpulan Bandara Paling Menakutkan di Dunia

WartaOnline - Di dunia ini ada terdapat banyak bandar udara atau yang lebih dikenal dengan nama bandara, yang disebut-sebut paling menakutkan untuk di tumpangi banyak orang. Mulai dari mempunyai medan pendaratan yang sangat sulit sampai pendeknya landasan pacu untuk pesawat.

Dan kali ini WartaOnline akan membahas sedikit mengenai Kumpulan Bandara Paling Menakutkan di Dunia seperti dirangkum dari beberapa sumber yang berbeda.

1. Bandara Paro, Bhutan

Paro International Airport merupakan satu-satunya bandara internasional di Bhutan serta merupakan tempat pangkalan utama bagi maskapai Druk Air, selaku maskapai yang ada di Bhutan.

Mengapa bandara ini ditakuti banyak orang? Sebab bandara Paro ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang ketinggiannya kurang lebih mencapai 5.500 meter, alhasil menjadikan bandara ini adalah salah satu bandara paling berbahaya untuk didarati pesawat.

Untuk mendarat di bandara ini mengharuskan para pilot untuk ‘bernegosiasi’ dengan serangkaian bukit, turun dengan cepat, lalu berbelok curam ke kiri sesegera mungkin sebelum mendarat.

2. Bandara Matekane Air Strip, Lesotho
Bandara yang bernama Matekane Air Strip ini dimiliki oleh Sam Matekane Matekane Group of Companies, dan sering digunakan oleh organisasi amal dan para dokter untuk mengakses desa-desa terpencil di pedalaman kota tersebut.

Matekane Air Strip juga sering dilabeli sebagai salah satu bandara yang memiliki landasan pacu paling menyeramkan di muka bumi. Sebab bandara ini memiliki landasan 400 meter yang membentang di tepi tebing setinggi 600 meter.

3. Bandara Juancho E Yrausquin, Pulau Saba, Karibia

Bandara yang bernama Juancho E Yrausqin ini memiliki porsi yang besar dalam melayani penerbangan di Pulau Saba, Karibia. Membuat beberapa pakar penerbangan memiliki opini bahwa bandara ini merupakan salah satu bandara paling berbahaya di muka bumi, meskipun belum ada tragedi besar yang terjadi di bandara ini.

Karena di ujung landasan terdapat huruf X besar yang menandakan bahwa bandara ini tidak untuk penerbangan komersial.

Saat bahaya datang dari kondisi geografis dari bandara itu. Lalu pesawat harus terbang ke tebing sebelum membuat sebuah belokan tajam ke kiri dan akhirnya mendarat dengan mulus.
Landasan pacu ini terletak tinggi di atas lautan, dengan tebing terjal di tiga sisinya.

4. Bandara Tenzing-Hillary, Nepal

Pada bulan Januari 2008, bandara ini diganti namanya untuk menghormati Sir Edmund Hillary serta Sherpa Tenzing Norgay, selaku orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest dan juga menandakan usaha mereka dalam pembangunan bandar udara tersebut.

Dengan tekanan udara yang tipis, serta cuaca yang dapat berubah-ubah setiap waktu, dan juga landasan pacu yang pendek dan miring membuat pendaratan di bandara ini menjadi salah satu pendaratan yang paling menantang di muka bumi.

5. Bandara Internasional Madeira, Portugal


Dan yang terakhir adalah bandara Internasional Madeira yang dikenal sebagai satu bandara paling berbahaya di muka bumi ini. Sebab, bandara ini memiliki landasan pacu yang pendek dan posisinya dekat dengan tebing yang curam.

Pada tahun 1980, saat pesawat Boeing 727 jatuh di ujung landasan saat akan melakukan pendaratan. Lalu akibatnya, sebanyak 131 penumpang tewas seketika. Oleh karena itu landasan pacu diperpanjang di atas laut dengan 150 tiang beton untuk menopang landasan nya tersebut.

Meskipun landasan tidak lagi pendek, namun posisinya yang berdekatan dengan pegunungan dan laut menimbulkan masalah lain, yakni turbulensi ekstrem dan kondisi cuaca yang sangat buruk sekali.
KOMENTAR ANDA
sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com